PHBD

PHBD

Semarang – Program Hibah Bina Desa 2019 Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan judul Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Digital Marketing serta Pengadaan “Pasar Mbelalak” sebagai Media Pemasaran “Kopi Mbelalak” dan Olahannya dalam Rangka Mewujudkan Desa Kuwarasan Kecamatan Jambu yang Mampu Bersaing di Era Industri 4.0 oleh Tim PHBD dari Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Pengetahuan terletak di Dusun Kalisari, Desa Kuwarasan, Kecamatan Jambu, Semarang.
Program ini berlangsung dari Februari – Desember 2019. PHBD murni langsung dari pihak kemenristekdikti yang menjadi pihak penyedia dana dari program yang dibuat. Pada tahap awal setiap tim mengirim pra proposal, kemudian proposal dan setelah itu pengumuman proposal yang terbaik dan siap didanai oleh kemenristekdikti. Potensi dari desa Kuwarasan yaitu komoditas kopi melimpah yang menjadikan mayoritas petani kopi di desa, namun belum optimal dalam pengelolannya dan pemasarannya sehingga membuat keadaan ekonomi masih kurang maksimal, membuat latar belakang pemilihan desa tersebut sebagai tujuan pembuatan program yang sesuai.
Program yang dilaksanakan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu, Sosialisasi Program Hibah Bina Desa berlokasi di Balai Desa Kuwarasan (29/6), Pelatihan pengelolaan kopi di Dusun Kalisari (13/6), pelatihan pembuatan brownis kopi dan para-para sebagai penjemur kopi, pelatihan serta pendampingan pemasaran produk kopi Mblalak, dan Pasar Mblalak (https://maps.app.goo.gl/xZg5H2cEdfBPeVwp9) dimana pasar tersebut dibuka setiap 2 minggu sekali sebagai wisata sekaligus tempat memasarkan produk hasil olahan masyarakat desa terutama kopi lokal.
Diharap dengan adanya Program ini masyarakat desa dapat meningkat dari segi kemampuan ekonomi, kesejahteraan dan ramainya desa dengan adanya wisata pasar lokal, hingga akhirnya dapat menjadi desa binaan dari kampus Politeknik Negeri Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *