Studi Ilmiah

Studi Ilmiah

SEMARANG – Sebanyak 150 mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines) mengikuti serangkaian acara Studi Ilmiah 2019 yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. Acara Studi Ilmiah 2019 memiliki tema “Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” serta terdiri atas tiga kegiatan, yaitu seminar, pelatihan penulisan karya tulis ilmiah, dan presentasi paper 10 besar.
Seminar dilaksanakan pada Hari Sabtu, 5 Oktober 2019 di Ruang Serba Guna (RSG) Politeknik Negeri Semarang dengan pembicara Dr. Suparni Setyowati Rahayu, M. Si. Beliau menyampaikan gambaran umum penulisan karya tulis ilmiah dan menjelaskan maksud tema Studi Ilmiah 2019 ini, yaitu peran mahasiswa sebagai agent of change khususnya di era revolusi industri 4.0 sekarang ini. Mahasiswa harus bisa menyesuaikan zaman dan globalisasi yang terjadi dengan memberikan ide-ide atau gagasan serta inovasinya dalam melaksanakan kegiatan apapun.
Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah dilaksanakan pada tanggal 7-9 Oktober 2019 di Gedung MST lantai 3 Ruang KRSBI. Dalam pelatihan ini dijelaskan lebih detail mengenai bagaimana cara menulis karya tulis yang baik dan benar dan diberikan contoh-contoh karya tulis yang selanjutnya dapat membuka ide pikiran peserta dalam mengikuti rangkaian acara selanjutnya yaitu penyusunan full paper pada 9 Oktober 2019 – 9 November 2019.
Setelah batas pengumpulan full paper berakhir, maka akan diadakan penilain oleh juri yang terdiri dari Ibu Sri Widiyati dan Bapak Ilham selaku dosen Politeknik Negeri Semarang dan juga Saudara Mustain selaku mahasiswa berprestasi. Dari penilaian full paper tersebut akan diambil 10 besar full paper dengan nilai tertinggi yang selanjutnya akan masuk pada tahap terakhir yaitu presentasi.
Presentasi paper 10 besar pada tanggal 14 Desember 2019 di Gedung MST Ruang Seminar. Dalam presentasi ini, peserta 10 besar harus menjelaskan secara langsung kepada juri apa ide gagasan yang mereka tulis dalam full paper. Peserta juga akan mendapat pertanyaan dari juri seputar idenya tersebut. Setelah presentasi 10 besar selesai, maka akan diambil juara dari acara Studi Ilmiah ini dengan mengakumulasi nilai fullpaper dan juga nilai presentasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *